Tuesday, March 26, 2013

Melepaskan Cream Dokter

Kamu salah satu orang yang mengalami ketergantungan dengan cream dokter kulit? Sama dong kaya aku, tapi itu dulu. Mau tau rahasia dibalik cream dokter dan cara melepaskan cream dokter? Yuk simak artikel ini.
Dokter kulit memiliki resep “rahasia” masing-masing untuk membuat cream kecantikan. Bahan-bahan yang umum digunakan oleh dokter secara klinis tidak berbahaya tapi hampir sebagian besar menyebabkan ketergantungan, sehingga lepas sebentar saja maka akan terasa “nikmat”-nya sepeti wajah menjadi terlihat kusam, jerawat muncul, flek hitam berdatangan, dan keluhan-keluhan lainnya. Kenapa bisa timbul efek samping seperti itu? Yuk kita lihat zat-zat penyusun yang umum digunakan.
  1. Hidroquinon & Hidrokortison (Steroid)
Jika dokter mengharuskan cream di taruh di dalam kulkas biasanya cream tersebut mengandung salah satu bahan yang mudah teroksidasi, yaitu: Hidroquinon atau Hidrokortison (steroid).
Manfaat hidroquinon diantaranya cepat menghilangkan bekas jerawat dan memutihkan kulit lebih cepat, zat ini jika terakumulasi dapat merusak jaringan penting di kulit tapi jika masih ambang batas penggunaannya tidak apa-apa, asalkan tidak dipakai secara terus-menerus. Umumnya jika cream yang mengandung hidroquinon ini dihentikan penggunaannya, maka wajah akan muncul flek-flek hitam, dan jika di-stop, sebelum pemakaian yang lama hal ini tak akan terjadi.
Steroid sudah menjadi bahan umum untuk menjadikan wajah kinclong & halus dalam waktu yang relative singkat, dan steroid sebenarnya aman dan tidak menjadi berbahaya jika digunakan dalam batas kewajaran. Steroid biasanya digunakan oleh pasien yang mengalami peradangan kulit. Namun penggunaannya tentu dalam batas tertentu, tidak terus-menerus. Karena jika digunakan terus-menerus akan mengakibatkan penipisan kulit, pengembangan pembuluh darah di kulit, mudah memar, sensitive terhadap sinar matahari, dan hilangnya pigmentasi kulit sehingga putihnya menjadi putih pucat seperti mayat.
  1. Quinol
Quinol dapat mencerahkan kulit, menghambat pigmentasi, dan efek penggunaan jangka panjangnya dapat membuat kulit menjadi lebih sensitive, mudah iritasi, dan mengelupas.
  1. Retinol Acid (RA)
Zat ini merupakan turunan dari Vitamin A, biasanya digunakan sebagai anti aging, melawan kerut wajah, tetapi tak bisa mengatasi jerawat. Penggunaan RA dapat mengakibatkan kulit menjadi sangat sensitive dengan sinar matahari. Efek lainnya adalah kulit menjadi merah-merah. Untuk menghindari kemerahan ini, anda dapat menggunakan sun-screen. Efek lain dari RA adalah purging atau pengeluaran semua jerawat sebelum benar-benar bersih.

Jadi bagaimana cara melepas ketergantungan dari menggunakan cream dokter?

  1. Niat yang kuat & siap mental
Untuk melepaskan ketergantungan dari cream dokter hal yang paling dibutuhkan adalah niat yang kuat dan siap mental, karena biasanya jerawat akan bermunculan dan muka akan menjadi lebih kusam. Sebenarnya bukan mukanya yang menjadi kusam melainkan muka anda kembali ke warna semula. Dimana yang tadinya menggunakan cream menjadi lebih putih dan ketika tidak pakai akan terlihat lebih kusam sebenarnya tidak.
  1. Tinggalkan pelan-pelan
Jangan langsung meninggalkan semua produk perawatan dari dokter atau kosmetik apapun yang sudah kamu gunakan dalam jangka waktu yang lama. Misalnya pada langkah awal, tinggalkan cleansing foam-nya dulu. Ganti dengan sabun-sabun lembut seperti sabun bayi atau sabun khusus kulit wajah yang lebih ringan dan cocok dengan kulitmu. Selain itu, kamu dapat menggunakan irisan tomat atau sari jeruk nipis pada wajahmu setelah dibersihkan menggunakan sabun wajah dan air hangat. Setelah cleansing foam, coba tinggalkan cream pagi. Sebagai gantinya gunakan masker-masker alami untuk kulit mu misalnya masker alpukat, wortel, tomat, atau bengkuang untuk merawakan memberikan vitamin-vitamin pada kulitmu. Setelah itu, tinggalkan cream malam pelan-pelan. Misalnya pakai 2 hari sekali kemudian 5 hari sekali sampai kamu benar-benar bisa bebas dari cream itu. Sebagai gantinya, kamu dapat mengoleskan madu murni, minyak zaitun, atau minyak argan untuk perawatan alami kulitmu.


Memang cantik alami/natural itu perlu waktu yang tidak cepat, tapi kamu bisa memilih wajah yang bersih dan putih dengan waktu singkat tapi efek samping jangka panjangnya membahayakan atau cantik, bersih, dan putih secara alami dan pelan-pelan tetapi itu adalah kecantikan asli dari kulitmu. :)

No comments:

Post a Comment