Monday, June 4, 2012

In Memoriam Gita Sesa Wanda Cantika (Keke)

Makam keke sedang disekar oleh orang-orang terdekatnya

Tau film “Surat Kecil Untuk Tuhan” ?
Ya, Film Surat Kecil Untuk Tuhan (SKUT) merupakan kisah nyata perjuangan seorang gadis remaja Indonesia bernama Gita Sesa Wanda Cantika atau Keke. Film ini, diangkat dari sebuah novel yang ditulis oleh Agnes Davonar dan kemudian di filmkan dengan sutradara Harris Nizam. Ribuan air mata telah berjatuhan setelah mengetahui kisah yang sangat mengharukan ini.
Apalah artinya hidup bila anda memiliki sebuah kesempatan untuk berpikir bagaimana anda hidup lebih lama lagi ?
Gita Sesa Wanda Cantika atau Keke adalah mantan artis cilik era tahun 1998-an. Gadis cilik ini berusia 13 tahun dan divonis menderita kanker jaringan lunak pertama di Indonesia. Kanker itu membuat wajah cantik Keke menjadi seperti monster, bahkan dokter pun mengatakan bahwa hidup Keke tinggal beberapa hari saja.
Keke seharusnya menjalani sebuah operasi, namun sang Ayah, Joddy Tri Aprianto tak mau menjalani operasi untuk putrinya. Karena jika melakukan operasi, Keke akan kehilangan setengah wajahnya.
Ayah Keke tak mau menyerah begitu saja, sang Ayah terus berjuang agar Keke lepas dari vonis kematian. Tuhan memang maha adil, dengan segala upaya akhirnya Keke sembuh setelah bertahan selama 6 bulan melalui pengobatan Kemotrapi. Bayangkan betapa menyakitkannya sebuah kemotrapi yang terjadi satu kali bisa membuat rontok semua helai rambut di tubuh, dan itu terjadi sebanyak 25 kali pada Keke.
Setelah pesta dan suka cita atas kesembuhan Keke selesai, kanker ganas itu kembali. Keke pun pasrah melewatkan hidupnya dengan kanker yang semakin mengganas itu. Hebatnya, Keke nekad ingin melanjutkan pendidikannya. Bahkan, ketika ujian walaupun tangannya sulit digerakkan dan hidungnya terus menerus mengeluarkan darah, Keke tetap optimis dalam menjawab soal-soal ujian tersebut. Tekadnya begitu hebat, hingga Ibu Megawati Soekarnoputri memberikan penghargaan khusus kepada Keke sebagai siswa teladan.
Tapi inilah kehidupan. Tuhan punya rencana lain padanya. Keke mampu bertahan dengan kanker ganas ini selama tiga tahun lamanya. Ia tetap tegar, walaupun akhirnya ia menyerah. Keke yang menyadari hidupnya akan berakhir kemudian menuliskan sebuah surat kecil untuk Tuhan.

Surat Kecil Untuk Tuhan
Tuhan…
Andai aku bisa kembali
Aku tidak ingin ada tangisan di dunia ini.

Tuhan…
Andai aku bisa kembali
Aku berharap tidak ada lagi hal yang sama yang terjadi padaku, terjadi pada orang lain

Tuhan…
Bolehkah aku menulis surat kecil untuk-Mu ?

Tuhan…
Bolehkan aku memohon satu hal kecil untuk-Mu ?

Tuhan…
Biarkan aku dapat melihat dengan mataku
Untuk memandang langit dan bulan setiap harinya..

Tuhan…
Izinkanlah rambutku tumbuh, agar aku bisa menjadi wanita seutuhnya

Tuhan…
Bolehkah aku tersenyum lebih lama lagi
Agar aku bisa memberikan kebahagiaan kepada Ayah dan sahabat-sahabatku

Tuhan…
Berikanlah aku kekuatan untuk menjadi dewasa
Agar aku bisa memberikan arti hidup kepada siapapun yang mengenalku..

Tuhan…
Surat kecilku ini adalah surat terakhir dalam hidupku
Andai aku bisa kembali…

Ke dunia yang Kau berikan kepadaku…


In memoriam,
Gita Sesa Wanda Cantika
19/06/91-25/12/06


Semoga kisah hidup Keke semoga dapat diambil hikmahnya :’)

No comments:

Post a Comment