Monday, June 4, 2012

Filosofi Hidup Einstein


Tau rumus E = m.c2 ?
Rumus itu ditemukan oleh fisikawan terkenal bernama Albert Einstein. Mari kita belajar tentang filosofi hidup dari pakar quantum Einstein . Jangan khawatir, kita tidak akan membahas tentang fisika nuklir atau hal-hal jenius yang membuat kita mengernyitkan kening hehehe :D
Apa aja sih nasehat-nasehat hidup dari Einstein ?
  1. Tanamkan rasa ingin tahu kamu
Einstein said, “Saya bukan memiliki bakat khusus. Hanya selalu menikmati rasa ingin tahu saja.”
Seperti apa sih rasa ingin tahu itu?
Coba kita fikirkan, mengapa ada orang sukses, sementara banyak yang lainnya gagal? Karena itu mari kita gunakan waktu sebaik-baiknya.
  1. Jadilah orang yang tekun, karena tekun itu tak ternilai
Einstein said, “Saya bukannya pintar, boleh dikatakan hanya bertahan lebih lama menghadapi masalah.”
Bayangkan seekor kura-kura di tengan rimba gunung, sementara dia ingin menuju pantai. Atau, apakah kamu setekun tunas mangga terus-menerus bertumbuh, berkembang sehingga akhirnya berbuah?
Ada ungkapan bagus popular di kalangan pegawai pos, “Selembar prangko menjadi bernilai hanya karena ketika dia menempel pada surat hingga mengantarnya sampai tujuan.”
Jadilah seperti prangko, selesaikan apa yang sudah kamu mulai. Maksudnya, TEKUNILAH APA YANG SAAT INI KAMU KERJAKAN.
  1. Imaginasi adalah Segalanya
Einstein said, “Imaginasi adalah penarik masa depan. Imaginasi lebih daripada pengetahuan.”
Apakah kamu selalu berimajinasi setiap hari?
Imaginasi lebih penting dari pengetahuan. Imaginasi memainkan satu babak awal dalam pentas hidup masa depanmu.
Tanda kejeniusan sesungguhnya bukanlah pengetahuan, namun imajinasi.” Kata Einstein.
Apakah kamu sudah melatih otot-otot imajinasimu setiap hari?
Jangan biarkan otot-otot imajinasi itu menjadi kurus dan sakit-sakitan. Hidup tanpa imajinasi seperti mengikuti aliran sungai, pasrah mengikuti apapun kemauan dan kemana arahnya. Tak memiliki kuasa atas apapun terhadap pilihan pun keinginan. Lihat saja Spongebob Squarepants yang hidupnya penuh imajinasi, sungguh menyenangkan bukan?
Bagi yang beragama Islam, hiduplah dengan iman dan petunjuk-petunjuk Allah SWT. Kita harus selalu bersyukur atas nikmat hidup, dan perbanyaklah beramal shalih karena hanya dengan itu seorang mukmin akan bahagia. :)
  1. Jangan takut salah
Einstein said, “Seseorang yang tidak pernah membuat kesalahan sebenarnya tak pernah mencoba sesuatu yang baru.”
Einstein tak pernah takut dengan kesalahan, guys. Jadi, kita gak perlu alergi dengan kesalahan. Karena KESALAHAN bukanlah KEGAGALAN. KESALAHAN dan KEGAGALAN merupakan dua hal yang berbeda. Kesalahan-kesalahan dapat membantu kamu semua menjadi lebih baik, lebih cepat, dan lebih cerdas jika kamu menggunakan kesalahanmu sebagai pengkoreksi kamu.
Carilah sesuatu yang baru dari kesalahanmu. Jika ingin sukses, belajarlah lebih banyak dari kesalahnmu.
  1. Hidup pada saat ini, Jangan khawatirkan masa depanmu.
Einstein said, “Saya tidak pernah memikirkan masa depan, karena itu akan datang sesaat lagi.”
Satu-satunya jalan agar hidupmu baik dimasa depan adalah hidup baik pada saat sekarang.
Sangat tidak mungkin merubah kemarin karena sudah terjadi. Memang penyesalan selalu datang terlambat, tapi kamu bisa lakukan sekarang adalah mengubah cara pandangmu SAAT INI tentang kemarin agar menjadi lebih baik. Kamu juga tidak mungkin bisa membuat hari esok menjadi lebih baik, kecuali jika kamu benar-benar melakukan yang terbaik pada saat ini.
  1. OPTIMIS !! Dan hargailah diri kamu
Einstein said, “Berusahalah dengan keras bukan untuk menjadi sukses, tapi untuk menjadi yang lebih berharga.”
Tak perlu banting tulang untuk menjadi sukses. Luangkan waktumu untuk menaikkan nilai dirimu. Jika kamu memang bernilai, sukses akan datang mendampingi dirimu.
Apakah Einstein bekerja sangat keras untuk menjadi sukses?
Jawabannya TIDAK. Dia hanya terus-terusan berinvestasi untuk meningkatkan nilai dirinya. Dan kesuksesan datang sendiri kepadanya.
Kenali bakat dan berkah karunia-Nya kepadamu. Belajarlah untuk mengasah agar menjadi lebih tajam dan gunakan untuk manfaat sebanyak-banyak kepada orang lain.
  1. Jangan kamu mengharapkan hasil berbeda
Einstein said, “Kegilaan adalah melakukan sesuatu dengan cara sama berulang-ulang dan mengharapkan hasil berbeda.”
Nasehat yang sangat bijak, jangan mengharapkan hasil yang lebih baik jika kamu stuck dengan cara kamu yang sekarang. Dengan kata lain, kamu mimpi mengharapkan otot yang sangat kuat namun kamu masih mengangkat barbell yang ringan terus menerus,
Jika ingin hidupmu berubah, kamu juga harus berubah. Mengubah cara pikir, cara pandang, dan cara melakukan sesuatu. Ketika kamu mengubah pikiranmu, mengubah sudut pandangmu, mengubah tindakanmu, maka hidupmu akan berubah dengan sendirinya.
Bayangkan hal berikut,
Ada seorang gadis manis tepat di depanmu. Bandingkan kedua aksi berikut. Pertama, kamu senyum tulus, reaksi si gadis adalah membalas senyummu. Kedua, kamu melotot kepadanya, bisa ditebak apa reaksi si gadis itu?
  1. Pahami aturan main, lalu bermainlah lebih baik.
Einstein said, “Anda harus memahami aturan permainan. Kemudian anda harus bermain lebih baik daripada pemain lain.”
Bagi Einstein, dia cukup memahami aturan-aturan dasar Fisika lalu berpikir dan bekerja lebih baik dibanding fisikawan lainnya.
Sederhananya, kamu cukup melakukan dua hal saja. Pertama, yang harus kamu lakukan adalah memahami “peraturan” bagaimana cara kamu melakukannya. Kedua, lakukan pekerjaan tersebut lebih baik dibanding orang lain. Jika kamu mampu melakukan dua hal ini dengan baik, sukses akan menghampiri dirimu secara otomatis.

Semogaa bermanfat :)






No comments:

Post a Comment